Ini Keutamaan Berhijab Bagi Muslimah
Keutamaan Berhijab

Ini Keutamaan Berhijab Bagi Muslimah

Keutamaan berhijab bagi muslimah sangat banyak. Hijab dan Jilbab adalah kosakata yang seringkali di bahas dalam berbagai buku, artikel, bahkan hingga jurnal ilmiah. Kata jilbab pada awalnya dipahami sebagai kain yang digunakan untuk menutupi kepala wanita dan hijab berarti sekat/pembatas antara dua ruang.

Namun kini, hijab, jilbab, khimar, kerudung memiliki makna yang sama yaitu kain yang dipakai wanita muslim untuk penutup kepala dan leher hingga dada. Berhijab hukumnya wajib bagi muslimah, mewakili ketundukan wanita kepada Sang Pencipta dan hubungannya dengan keimanan. Hijab bukan hanya sebuah simbol yang menandakan dirinya seorang muslimah, tetapi juga bukti ketaatannya kepada Allah swt. Ini dia beberapa keutamaan berhijab bagi wanita muslim.

 

Berhijab Sebagai Bentuk Ketaatan Kepada Allah dan Rasul-Nya

Keutamaan Berhijab

Seperti yang tertuang dalam Al-Quran, Allah swt. berfirman dalam QS Al Ahzaab ayat 59:

“Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, “Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Dari ayat Al-Quran di atas, kita dapat mengatakan bahwa Hijab atau kerudung wanita adalah penting dalam Islam dan semua wanita Muslim harus memakai Hijab. Bukti ketaatan dan keimanan seorang muslim adalah dengan mengaplikasikan dan melaksanakan perintah Allah swt., dan Rasul-Nya.

Seseorang  dikatakan taat dan beriman, ketika sinkron ketiga aspek berikut yaitu diyakini oleh hati, diucapkan oleh lisan dan diamalkan melalui perbuatan.

 

Menjaga Diri dari Perbuatan Maksiat

Berdasarkan QS Al Ahzaab ayat 59, ” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah dikenali, sehingga mereka tidak diganggu.”

Salah satu fungsi hijab adalah untuk melindungi wanita dari perbuatan tercela dan mara bahaya. Berhijab ini mengirimkan sinyal kepada para orang-orang fasik bahwa pemakainya adalah wanita sederhana yang tidak perlu diganggu dan bersikap lebih hormat ketika melihatnya. Dan mengisyaratkan para laki-laki harus menundukkan pandangannya.

 

Hijab Sebagai Tanda Kesucian

Keutamaan Berhijab
Alona hijab

Wanita berhijab dipandang sebagai indikasi martabat dan kemurnian. Ini menyoroti wanita Muslim sebagai wanita yang tenang dan murni. Sebenarnya, Hijab bertindak seperti layar antara wanita Muslim sederhana dan kejahatan dunia.

Dengan memakai hijab seorang wanita merasa aman dan terlindungi. Islam telah memperkenalkan hijab sebagai bagian dari kesopanan dan kehormatan wanita muslimah, karena menutupi auratnya dengan pakaian yang layak dan indah.

 

Terjaga dari Dosa Menampilkan Aurat

Terjaga dari dosa menampilkan aurat pada yang bukan muhrim. Dengan menutup aurat, maka kita pun juga sekaligus menjaga diri sendiri dan moral kita agar sesuai dengan penampilan hijab kita. Wanita yang dengan sengaja memamerkan aurat berarti secara terang-terangan telah berbuat maksiat.

Allah swt. berfirman dalam QS Al Ahzaab ayat 36:

“Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. dan Barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya Maka sungguhlah Dia telah sesat, sesat yang nyata.” 

 

Manfaat Ilmiah Mengenakan Hijab

Keutamaan Berhijab

Mengenakan hijab melindungi panas dari tubuh. Tes medis menunjukkan bahwa 40-60% panas hilang melalui kepala sehingga mengenakan penutup kepala di musim dingin sangat penting dari sudut pandang kesehatan.

Penutup kepala sangat penting untuk tujuan higienis. Menjaga rambut dari polusi. Hijab melindungi rambut dari debu dan paparan sinar matahari langsung yang dapat merusak rambut. Menjaga sebagian besar kulit, terlindung dari sinar matahari yang berbahaya hampir sepanjang waktu.

Dengan mengenakan hijab, muslimah dapat melatih keistiqomahaannya apakah niat dan perilakunya sesuai dengan syariat Islam. Meskipun banyak yang mengatakan bahwa hijab bukan jaminan perilaku seseorang, tetapi jika seseorang telah memiliki niat dan prinsip berhijab yang lurus karena Allah dan Rasul-Nya semata, maka ia pasti akan berusaha untuk menjadi manusia yang berakhlak mulia yang menjalankan perintah-Nya.

Wanita yang taat dan istiqomah akan melaksanakan perintah Allah swt. dengan senang hati dan tidak merasa terbebani. Keutamaan berhijab ini akan didapatkan jika niat dan tujuan benar-benar tulus karena ingin mendapatkan kemuliaan dan ridho dari Allah swt.

Mengenakan hijab membuat muslimah memiliki lebih banyak kekuatan dan kepercayaan diri. Temukan beragam koleksi hijab Setatamuda yang nyaman dan adem dikenakan sepanjang hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.