5 Fakta Unik Hijab yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
alona hijab

5 Fakta Unik Hijab yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Jilbab adalah sehelai kain yang digunakan untuk menutupi kepala wanita dan hijab berarti sekat/ pembatas antara dua ruang. Mengenakan hijab adalah kewajiban bagi setiap muslim seperti yang dijelaskan dalam Al Quran dan Hadits. Dengan berhijab itu adalah bukti ketaatan dan keimanan seorang muslim atas perintah Allah swt., dan Rasul-Nya. Ada fakta unik hijab yang mungkin belum kamu ketahui.

Seiring berjalannya waktu, kini hijab sudah berkembang menjadi tren fashion muslim dunia. Namun yang perlu digarisbawahi adalah berhijabnya seorang muslimah adalah suatu kewajiban, identitas diri, dan bukti ketaatan kepada Allah swt.

Bertentangan dengan kepercayaan banyak orang, Jilbab memiliki sejarah panjang dan kaya di banyak tradisi budaya. Jika kita bepergian melalui negara-negara di Afrika, Timur Tengah, Asia Selatan dan Eropa Tenggara, kita akan melihat beragam Jilbab dengan warna, pola dan cetakan yang berbeda dan faktor pemersatu yang jauh lebih besar daripada mode itu sendiri, yaitu wanita dan keimanannya. Siap untuk mempelajari lebih lanjut? Berikut adalah 5 fakta unik hijab yang mungkin belum kamu ketahui tentang hijab.

 

1. Arti hijab

fakta unik hijab
Foto: pexels.com

Dalam terjemahan bahasa Inggris, Hijab berarti kerudung. Kata Hijab berasal dari akar bahasa Arab ‘hajaba’, yang berarti menyembunyikan dari pandangan atau menyembunyikan dan istilah ini umumnya digunakan di kalangan Muslim mengacu pada jilbab dan pakaian panjang yang dikenakan wanita Muslim. Jilbab bagi banyak wanita Muslim adalah cara tidak hanya berpakaian tetapi juga hidup.

 

2. Sejarah hijab

fakta unik hijab
Foto: pexels.com

Hijab berasal dari masyarakat pra-Islam, mewakili status kelas atas. Dalam masyarakat Mediterania, wanita dengan kekayaan mengenakan kerudung, sedangkah wanita dari kalangan bawah dilarang mengenakan hijab.

Masyarakat Yunani dan Persia mengikuti aturan serupa. Hijab juga ada di budaya dan agama lain termasuk Yudaisme dan Kristen, kebanyakan di komunitas Katolik konservatif, dan Anabaptis termasuk Amish dan beberapa Kristen Mennonite.

 

3. Hijab melindungi tubuh dari perubahan suhu

Dress casual
Ariza Dress

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Hua Di Nei Jing (The Yellow Emperor’s Classic on Internal Medicine), memakai hijab bisa mengurangi panas tubuh hingga 60% karena kulit tidak langsung terpapar sinar matahari.

Selain itu, hijab juga akan melindungi tubuh dari perubahan suhu secara mendadak. Hawa panas yang berubah menjadi dingin secara tiba-tiba akan menyebabkan tubuh rentan terkena gangguan kesehatan, dan hijab bisa meminimalisir hal tersebut.

 

4. Menjaga gejala resiko kanker melanoma

Foto: pexels.com

Apa itu kanker melanoma? Dikutip dari alodokter.com, kanker kulit melanoma adalah jenis kanker yang berkembang pada melanosit, sel pigmen kulit yang berfungsi sebagai penghasil melanin. Melanin inilah yang berfungsi menyerap sinar ultraviolet dan melindungi kulit dari kerusakan. Melanoma adalah jenis kanker kulit yang jarang dan sangat berbahaya. Kondisi ini dimulai dari kulit manusia dan bisa menyebar ke organ lain dalam tubuh. Kemunculan tahi lalat baru atau perubahan pada tahi lalat yang sudah ada biasanya menjadi pertanda umum atau gejala melanoma.

Seseorang yang tiap harinya terkena sinar matahari secara langsung beresiko terkena kanker melanoma. Kanker kulit yang ganas ini sangat berbahaya bagi kamu dan bisa menyebabkan kematian. Tapi dengan memakai hijab, kepala akan terlindung dari paparan langsung sinar matahari, sehingga menurunkan resiko terkena kanker kulit ini.

 

5. Indonesia menjadi kiblat fashion hijab dunia

Foto: pinterest.com

Berdasarkan The State of Global Islamic Economy Report 2020/2021, Indonesia menduduki peringkat ketiga sebagai negara yang mengembangkan fashion muslim terbaik di dunia setelah Uni Emirat Arab dan Turki. Dalam beberapa tahun Indonesia juga digadang-gadang bisa menjadi salah satu kiblat modest fashion dunia.

Bukan tanpa alasan, ini disebabkan karena banyak brand lokal busana muslim yang bermunculan belakangan ini. Ditambah fashion muslim di Indonesia tengah digandrungi banyak orang, dan pasarnya sedang luas-luasnya. Jadi tak salah, jika Indonesia menjadi salah satu kiblat fashion muslim termasuk fashion hijab.

Itulah beberapa fakta tentang hijab yang mungkin belum kamu ketahui. Semoga bermanfaat, tak lupa buat kamu yang lagi mencari koleksi hijab cantik dan nyaman, CEK DISINI aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.