5 Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok Bagi Wanita Berhijab
Wanita berhijab

5 Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok Bagi Wanita Berhijab

Salah satu permasalahan wanita berhijab adalah rambut rontok. Meski sudah melakukan perawatan dengan menggunakan sampo bebas rontok, tapi seringkali permasalahan itu tidak kunjung teratasi. Namun, apakah benar memakai hijab menyebabkan rambut rontok? Yuk, kita cari tahu dulu penyebab dan cara mengatasinya.

Dilansir dari tresemme.com, menurut seorang dokter spesialis kulit bernama dr. Mahmoud Abdallah menjawab bahwa kerontokan rambut sama sekali tidak disebabkan oleh hijab. Ada sejumlah faktor lainnya yang lebih mungkin menyebabkan kerontokan tersebut ketimbang penggunaan hijab.

Faktanya, setiap hari manusia bisa kehilangan 150 helai rambut. Apapun jenis rambutnya, kerontokan rambut secara alami ini memang tak terhindari. Namun, penggunaan sampo rambut rontok bisa membantumu mengatasi kerontokan secara bertahap. Perawatan yang tepat bisa mengurangi kerontokan rambut secara efektif.

Berikut beberapa penyebab rambut rontok pada wanita berhijab:

  1. Menyisir saat rambut masih basah
  2. Terlalu sering menggunakan pengering rambut
  3. Memakai hijab saat rambut masih basah
  4. Mengikat rambut terlalu kencang
  5. Kurang maksimal dalam perawatan rambut

Setelah mengetahui beberapa penyebab rambut rontok di atas, ada baiknya kamu mulai menghindari faktor-faktor tersebut dan lebih memaksimalkan perawatan rambutmu. Tetaplah menjadi muslimah yang menjalankan kewajibannya dengan berhijab, dan coba tips berikut untuk mengatasi rambut rontok.

 

1. Gunakan sampo yang tepat untuk wanita berhijab

Dalam mengatasi rambut rontok, kamu harus mengetahui penyebab rambut tersebut rontok. Apa karena kulit kepala lembab? Kulit kepala berminyak? Kulit kepala kering dan berketombe? Itu bisa menjadi faktor akar rambut rapuh dan rontok.

Ppilihlah produk perawatan yang memang dirancang untuk rambut rontok. Kamu bisa mulai mengganti sampo dan kondisioner yang tepat untuk rambut rontok. Kamu bisa memilih sampo berbahan natural, seperti yang mengandung minyak zaitun, minyak kelapa, dan aloe vera.

 

2. Aplikasikan minyak zaitun

wanita berhijab

Salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk perawatan rambut rontok adalah minyak zaitun. Minyak ini dapat mengurangi kerontokan rambut secara bertahap, dan pastinya dapat denga mudah kamu temukan.

Coba oleskan minyak zaitun dari akar hingga ke ujung rambut, sambil beri pijatan ringan di kulit kelapa. Hal ini bisa membuat minyak cepat meresap ke akar rambut. Diamkan selama 30 menit, setelah itu bilas dengan air dan juga sampo. Dan rasakan apa yang terjadi dengan rambutmu.

 

3. Gunakan vitamin dan hair mask

Selain dengan bahan alami, kamu juga bisa melakukan perawatan rambut dengan menggunakan vitamin. Kulit kepala kita sangat membutuhkan asupan vitamin, untuk memperkuat akar rambut, dan menangkal radikal bebas. Selain itu bisa juga membuat rambut makin halus dan lembut.

Disarankan juga seminggu sekali melakukan hair mask. Bisa beli dalam bentuk yang sudah jadi, atau kamu buat sendiri dari bahan alami. Misalnya gunakan 2-3 jenis minyak alami, seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak almond, atau minyak biji bunga matahari. Gunakan dengan cara dioles dan dipijat ke kulit kepala, lalu diamkan selama 30 menit.

 

4. Gerai rambut sesekali

wanita berhijab

Saat kamu sedang tidak berhijab di rumah menjadi kesempatan untuk membiarkan rambutmu tergerai. Lepaskan ikatan, sisir secara perlahan, dan pijat-pijat kepala untuk melancarkan sirkulasi darah. Atau gerai rambut saat kamu akan tidur. Setidaknya hal ini bisa membantu mengatasi rambut yang rontok.

 

5. Pilih hijab dengan bahan yang nyaman

Tips menjaga rambut tetap sehat lainnya adalah menggunakan bahan hijab yang dapat menyerap keringat. Sebagai contoh, jika kamu memilih kain hijab yang kasar, maka kulit kepala akan terus bergesekan dengan kain. Akibatnya memicu kerontokan hingga ketombe.

Pilih kain hijab yang halus, adem, dan nyaman untuk kulit kepala seperti koleksi hijab Setatamuda. Memiliki tekstur kain mewah dan eksklusif karna dibuat dari benang yang sudah diwarnai lalu ditenun sehingga menghasilkan motif yang sama di dua sisi. Motif bukan didapatkan dengan dicelup atau diprint seperti yang ada di pasaran ya, jadi beneran eksklusif loh ini. Cuma ada dikoleksi hijabnya Setatamuda.

Dengan material kain tenun ikat yang nyaman dan adem dikenakan sepanjang hari, serta tidak membuat rambut lembab. Miliki koleksinya DISINI.

Itu dia cara mudah mengatasi rambut rontok, terutama buat kamu yang berhijab, semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.