4 Cara Memilih Kain Tenun Ikat Asli Berkualitas
Kain tenun ikat

4 Cara Memilih Kain Tenun Ikat Asli Berkualitas

Kain tenun merupakan salah satu warisan budaya nusantara, sama halnya dengan kain batik. Setiap daerah memiliki beragam motif dan makna yang khas. Keindahan motif yang unik, proses pembuatan yang panjang, dan kain yang berkualitas menjadi salah satu sebab harga kain tenun ikat cukup mahal.

Seiring dengan banyaknya permintaan, terkadang banyak dijumpai kain dengan motif yang menyerupai tenun tapi ternyata itu printing, dan dengan harga yang cukup murah tentunya. Memilih kain tenun yang asli dan berkualitas memang bukan perkara yang gampang, ditambah wawasan kita tentang kain tenun masih sedikit.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari kain tenun ikat, baik untuk dipakai sendiri atau dijual kembali sebaiknya mengetahui bagaimana cara memilih kain tenun ikat yang asli. Yuk simak ulasan berikut!

 

1. Warna Kain Tenun Ikat

Kain tenun ikat
IG: @wanakubali

Hal pertama yang wajib kamu perhatikan adalah warna. Pewarnaan pada kain tenun biasanya dilakukan dengan dua cara. Diwarnai dengan pewarna alami dan pewarna buatan. Pewarnaan dengan pewarna alami lebih berkualitas dibanding pewarna sintetis.

Pewarna alami menggunakan bahan-bahan seperti dari buah, daun, akar, batang tanaman. Sehingga warna kain tenun kualitas asli sedikit pucat karena menggunakan pewarna alami dan proses yang sangat panjang. Dan warna yang dihasilkan pada kain tenun dijamin bisa bertahan sangat lama dan tidak akan pudar.

 

2. Kerapatan Benang

Foto: indonesia.travel

Penentu kualitas kain tenun lainnya yaitu terletak pada kerapatan benang. Cara melihat kerapatan benang, bisa dengan melihat permukaan depan dan belakang kain biasanya memiliki warna dan bahan yang sama-sama timbul.

Cara lain melihat kerapatan benang bisa dengan cara melebarkan kain di bawah sinar matahari. Semakin rapat benang pada kain maka kualitas kain tenun semakin baik. Kerapatan benang juga akan berpengaruh pada usia katun tenun, agar kuat dipakai bertahun-tahun.

 

3. Harga Jual Kain Tenun

kain tenun ikat

Seperti yang kita ketahui, biasanya harga suatu barang dapat mencerminkan kualitas dari barang tersebut. Ada harga ada barang, begitu bukan? Lalu kenapa bisa mahal? Karena pembuatan sehelai kain itu membutuhkan waktu 3-12 minggu tergantung kerumitan pola motif yang dibuat.

Meski harganya lebih mahal dibanding jenis kain lainnya, namun hal tersebut sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Kain tenun ikat lebih kuat, lebih awet dipakai bertahun-tahun, dan lebih eksklusif.

 

4. Toko yang Terpercaya

Kamu bisa membeli kain tenun ikat asli di toko atau website online terpercaya. Untuk toko online, kamu bisa lihat review dan juga testimoni dari pembeli sebelumnya melalui sosial media atau juga marketplace toko tersebut.

Brand fashion yang terpecaya menjual pakaian berbahan kain tenun ikat yaitu Setatamuda. Selain menjadi pionir, Setatamuda juga menjadi trendsetter fashion yang menggunakan kain tenun ikat dalam menciptakan busana muslim dan hijab.

Kain yang digunakan pada busana Setatamuda adalah kain yang dibuat dengan teknik tenun, menggunakan benang yang berwarna atau lebih dikenal dengan istilah Yarn Dyed Fabric. Sehingga motif akan terlihat lebih jelas pada kedua sisi kain.

Tidak hanya itu saja, warna yang dihasilkannya pun akan dijamin bisa bertahan sangat lama dan tidak akan memudar, meskipun sering digunakan dan dicuci berulang kali. Temukan koleksi lengkap busana muslim dan hijab tenun ikat Setatamuda DISINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.